Ketika kita semua membahas soal modifikasi motor matic memang tidak ada habisnya. Kini peminat Roda dua di Indonesia terbilang sudah cukup sangat besar, tentu saja hal ini sebanding lurus dengan kebutuhan modifikasi motor. Agar tampak lebih keren dan juga tetap enak dipandangnya. Adapaun modifikasi motor itu sendiri tergantung pada kebutuhan dari pemiliknya, kebanyakan mereka lebih condong ke arah mana spesial modifikasinya.
Ada pemilik yang lebih condong dan suka motornya di modifikasi sedemikian rupa, menjadi standard drag race sehingga dana yang dikeluarkannya lebih di gelontorkan ke mesinnya, dan juga pembakaran serta penunjang lainnya agar motornya dapat melaju kencang. Kemudian juga ada pemilik motor yang suka dengan tampilan motornya dengan tampilan “yang penting tampilan kece, bisa buat mejeng".
Dari berbagai modifikasi motor matic yang paling banyak adalah tipe pemilik motor yang suka dengan menaikan kerja mesin, hal ini dilakukan biasanya agar lebih jos tetapi tidak sampai mempermak habis. Tidak lupa juga dengan modifikasi pada bodi dan tampilan motor, agar lebih dipercantik dengan berbagai cara, akan tetapi bagaimana agar tetap elok dipandang di jalan.
Nah, maka dari itu khusus bagi Anda yang menginginkan meningkatkan tenaga motor matic nya agar lebih kencang dan ngacir diatas motor standar, ada beberapa solusi lebih sederhana dan tentunya hal ini tidak memakan biaya banyak, yaitu dengan melakukan setting dan sedikit penggantian pada beberapa bagian komponen motor matic Anda.
Modifikasi Motor Matic dengan 6 Tips Menaikan Tenaga Mesin
Berikut adalah 6 Tips dan cara bagaimana menaikan tenaga dengan modifikasi motor matic agar dapat lebih kencang dan ngacir tanpa harus melakukan Bore Up:
1. Menggunakan Roller Yang Lebih Ringan.
Menurunkan bobot roller salah satu langkah untuk menyelaraskan setingan dan upgrade performa non bore-up yang sudah dibuat. Tidak usah terlalu banyak penurunan pada bobot roller nya.
2. Menggunakan Noken As Racing.
Menggunakan Noken As Racing salah satu modifikasi menaikan tenaga motor matic. Buka pada tutup klep juga mesti disesuaikan. Untuk hal itu, langkah paling mudah adalah dengan mengganti noken as standar dengan yang racing.
Hal ini dapat diterapkan bagi mereka yang menggunakan Motor Matic Beat , Vario , Yamaha , Mio Sporty. Buat pengguna Honda BeAT, untuk menaikan tenaga motor itu cukup dengan menyetel ulang kerenggangan klep saja. Dengan fuller gauge dan juga setting ulang klep inlet pada angka 0,15-0,20 mm dan bagian exhaust dibuat serapat (0,07-0,1 mm).
3. Lakukan Porting Pada Bagian Exhaust.
Pada kondisi standar, pada dinding lubang inlet maupun exhaust, teksturnya seperti kulit jeruk. Hal tersebut,
oleh kebanyakan mekanik dianggap sebagai penghambat alur gas yang masuk maupun keluar, tetapi pendapat itu jelas keliru. Nah, agar performa lebih maksimal maka untuk inlet kulit jeruknya jangan dibuang karena mempengaruhi proses pencampuran bahan bakar dengan udara.
Yang kita haluskan hanya bagian dari exhaust saja, agar apa? Proses keluarnya hasil pembakaran menjadi lancar. Adapun bagian dari exhaus tersebut mesti dibuat halus dan rata. Untuk proses menghaluskan dan meratakan, biasanya hal itu dilakukan teknik porting yang menggunakan tuner atau amplas.
4. Lakukan Penyesuaian Pada Knalpot.
Dengan metode non bore-up untuk upgrade performa matik, hal ini tidak mengharuskan memakai knalpot racing. Namun agar proses pembuangannya lebih lancar, knalpot bawaan motor harus dimodifikasi juga. Agar tidak ingin knalpot standar pabrik yang diobok-obok, Anda juga bisa melakukan ganti knalpot aftermarket yang standar bobok.
5. Setting Ulang Spuyer.
Salah satu modifikasi motor matic adalah seting ulang spuyer. Hal ini tergantung pada keinginan dari si pemilik motor matic tersebut. Apabila masih ingin mempertahankan penggunaan filter udaranya maka setingan spuyer nya dibuat kering. Akan tetapi, jika Anda maunya open filter, maka perbandingan spuyernya harus dibuat basah. Soal berapa angka ukuran spuyernya, harus trial and error.
6. Menaikkan Rasio Kompresi.
Meningkatkan pada rasio kompresi mesin matic akan membuat power meningkat. Begitu gasnya dibuka, peningkatan pada mesin motor matic yang perbandingan kompresinya dinaikkan akan terasa dari RPM nya bawah sampai atas. Buat Yamaha Mio yang pistonnya cekung, adapun cara menaikkan kompresinya dapat dilakukan dengan papas silinder head. Tidak perlu banyak-banyak, untuk skutik harian saja Anda cukup 1-1,5 mm saja.
Sementara itu, bagi Anda pengguna Honda BeAT, untuk menaikkan rasio kompresi bisa dengan mengganti piston. Cukup masukkan piston Honda Vario yang berkubah jenong.
Dengan menerapkan modifikasi motor matic 6 Tips dan cara menaikan tenaga motor matic diatas, tentunya motor Anda dapat ngacir dan kencang diatas motor standar sejenis.
Trend Modifikasi Motor Matic Masa Kini
Jadi, jenis motor apa saja yang bisa di modifikasi? Diantaranya adalah Modifikasi Motor Matic Beat , Vario , Yamaha , Mio Sporty. Motor jenis Matic dapat di modifikasi sesuai dengan selera pemiliknya. Tinggal bagaimana menentukan ke arah mana modifikasinya sama perhitungan kesesuaian budget.
lantas bagaimana dengan Modifikasi Motor Matic Beat , Vario , Yamaha , Mio Sporty? tentu saja peluang besar modifikasi motor matic ini masih terbuka lebar, dari mulai modifikasi drag matic yang super ramping sampai permainan warna airbrush grafis, cat dan juga powder coating juga penggantian bodi fiber dan karbon. Untuk lebih menambah inspirasi Anda yang ingin modifikasi motor matic. Lihatlah referensi-referensi yang sudah ada, baik gambar dan foto aneka modifikasi motor matic yang dikumpulkan dari berbagai sumber.
Berbicara mengenai tren Modifikasi Motor Matic Beat , Vario , Yamaha , Mio Sporty. Tentu Anda selaku para pecinta dan pengguna motor matic, dapat dengan mudah menemukan beberapa contoh dari hasil modifikasi yang cocok untuk motor matic yang Anda punya. Dan pada artikel kali ini, kami kembali akan sajikan beberapa contoh dari hasil modifikasi stang motor matic serta sedikit tips memodifikasi stang motor matic yang bagus seperti di atas.
Untuk memodifikasi stang motor matic yang lebih bagus, maka tentu Anda selaku para pengendara sekaligus pelaku modifikasi motor juga mestinya harus memperhatikan bentuk dari stang motor yang akan Anda terapkan pada bagian kemudi motor matic tersebut. Juga terdapat beberapa jenis stang yang bisa Anda pilih sesuai dengan keinginan Anda.
Kemudian untuk tambahan, bagi Anda yang memiliki motor matic usahakan untuk rutin mengganti oli. Jika perlu jadwalkan pergantian oli motor Anda setiap 1000 KM dan untuk pergantian oli transmisi motor maksimal ketika motor sudah mencapai 5000 KM.
Demikian itu artikel tentang modifikasi motor matic yang sudah kami ulas dan kami informasikan kepada Anda semuanya. Semoga ulasan Dallam artikel ini dapat menjadikan referensi bagi Anda para pecinta modifikasi motor matic.